Search

Tips Bebas Was-Was Sekolah Tatap Muka

Namanya Emak-Emak, tentu saja Was-Was terutama saat pertamakali mendengar sekolah tatap muka akan kembali dimulai di tengah  varian baru Covid-19 yang mulai merebak. 


Satu sisi, anak tetap harus mendapat pendidikan langsung di sekolah. Namun, kesehatan dengan risiko paparan virus juga tetap membuat resah dan was-was. 

Sekolah tatap muka


Alessandro sudah mulai sekolah tatap muka tengah bulan Januari 2022. Jujur saja, awalnya saya khawatir tapi kebetulan Bang Ale sekolah di sekolah swasta jadi aturan soal tatap muka sudah dimatangkan. 


Sebelumnya sekolah juga melakukan pertemuan online dengan orang tua, meminta pendapat melalui quisioner, memulai tahapan percobaan dan terus melakukan evaluasi. 


Was-Was dan waspada sebagai cara mencegah itu tentu penting, yang tak perlu adalah Was-Was berlebihan. Yuk, Moms kita bebas Was-Was berlebih saat anak harus sekolah tatap muka. 


BACA JUGA: Melahirkan Saat Pandemi


Persiapan jelang sekolah tatap muka


Menjelang sekolah dimulai, Anak harus dipersiapkan terutama bila sudah sangat nyaman dengan sekolah online. 

Sekolah tatap muka



Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan? 


1. Vaksin 


Anak usia 6-11 tahun sudah bisa divaksin. Pastikan si kecil sudah vaksinasi minimal satu dosis. Meskipun bukan pencegah utama, namun orang tua akan merasa tidak Was-Was saat anak aktifitas di luar rumah karena sudah divaksin. 



2. Perlengkapan saat pandemi


Sebelum berangkat sekolah, masukkan perlengkapan penting saat pandemi seperti hand sanitizer 80%, masker cadangan, tisu basah antiseptik dan baju ganti. 


Pastikan anak tahu dimana lokasi barang-barang tersebut di dalam tas. 


3. Patuh aturan saat pandemi


Pastikan anak tahu apa saja aturan saat beraktifitas di luar rumah terutama di sekolah. Misalnya tidak berjabatan tangan, cuci tangan dengan sabun, selalu kenalan masker. 


Berikan juga penjelasan sederhana yang mudah dipahami tentang kenapa harus pakai masker, kenapa tidak boleh pegang permukaan barang sembarangan dll. 


Alessandro adalah penyintas Covid-19, dia tahu betul rasa tidak enaknya saat sakit. Dia juga terbiasa pakai masker dan cuci tangan pakai sabun. Tapi, tetap saja Anak tetap harus terus diingatkan. 


BACA JUGA: Tips Mengajak Anak Bioskop



Persiapan sekolah untuk tatap muka


Saya rasa semua guru di Indonesia sudah divaksin karena mereka masuk prioritas utama pemberian vaksin. Pastikan juga semua orang di sekolah, misalnya satpam atau helpel juga sudah divaksin. 


Sekolah harus memberikan penjelasan rinci tentang jumlah siswa, sistem pembelajaran seperti apa, bagaimana dengan sarana cuci tangan di sekolah. 


1. Jumlah siswa


Kebetulan, sekolah anak saya muridnya hanya 8. Jadi memang pasti bisa social distancing atau jaga jarak. Ruang kelas juga luas. 


Tapi, sekolah memang memberlakukan sistem shift untuk jam masuk dan pulang sekolah. Jadi setiap hari ada murid yang masuk pagi dan siang. Dengan jeda jarak satu jam jadi tak saling bersinggungan saat masuk atau keluar kelas. 


2. Aturan di kelas


Aturan saat aktifitas belajar mengajar juga sangat jelas. Misalnya anak tidak boleh membawa makan, tapi boleh bawa minum. Saat mau minum, ijin ke luar kelas. 


Jendela dan pintu di buka untuk sirkulasi udara. Ruang kelas juga di disinfektan sebelum digunakan. 


3. Aturan antar jemput


Tahu sendiri, antar jemput anak sekolah kadang bisa antre. Sekolah Ale memberlakukan hanya ada satu pengantar dan boleh menunggu di ruang yang tersedia. 


Pengantar juga harus mencantumkan kendaraan motor atau mobil yang digunakan, jadi sekolah bisa menghitung berapa banyak kendaraan yang akan tiba di sekolah. 


Semua harus tiba dan dijemput on time alias no molor-molor. 


BACA JUGA: Hamil Saat Pandemi 


Dengan sistem yang berjalan di sekolah, pemahaman anak, persiapan kita juga dari rumah. Saya merasa tidak Was-Was berlebihan, at least khawatiran saya tidak menganggu banget. 


Semoga, kegiatan sekolah tatap muka tidak terhenti karena varian Omicron yang kian mewabah. Jaga kesehatan terutama keluarga dan anak-anak anak kita. Semoga juga, Tips Bebas Was-Was Sekolah Tatap Muka bermanfaat ya Moms. 



Liebe, 


Turis Cantik




Tidak ada komentar

Posting Komentar