Cara mendapatkan Pin Ibu Hamil di Commuter Line

 

Pin Ibu Hamil adalah tanda pin khusus ibu hamil yang berlaku untuk penumpang Commuter Jabodetabek. Pin Ibu Hamil untuk pengguna kereta api Commuter ini akan memberikan akses 'istimewa' untuk Ibu Hamil saat menggunakan transportasi kereta api Commuter Jabodetabek.

Sering mendengar cerita diskriminasi terhadap Ibu Hamil pengguna transportasi publik ? Mulai dari tidak diberikan duduk di kursi prioritas hingga harus tetap antre di pintu masuk.

Padahal sesuai aturan yang ada Ibu hamil, ibu membawa anak, lansia dan orang cacat masuk dalam kategori Prioritas untuk mendapatkan fasilitas transportasi publik.

 

 

Ibu hamil khususnya berbeda kondisi dengan ibu-ibu lainnya yang tidak hamil. Artinya sudah selayaknya mereka mendapatkan prioritas.

Sejak saya tahu hamil,saya langsung mengurus dan mencari tahu cara mendapatkan Pin Ibu Hamil. 

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, kondisi antre masuk stasiun sudah membuat lelah hati. Masa sih saya yang dalam kondisi hamil harus antre berjam-jam demi masuk stasiun ?!


BACA JUGA: Pengalaman Puting Lecet Saat Menyusui


Apa Keuntungan memiliki Pin Ibu Hamil ?

Keuntungannya sebenarnya lebih pada penanda bahwa pengguna pin ibu hamil memang ibu hamil. Sering kejadian, ( maaf ) emak-emak agak gendut dikit minta tempat duduk prioritas padahal tidak hamil. 

Kecuali kalau memang bangku kosong ya. Tapi seringnya, pas ada yg sudah haknya malah tidak mau kasih duduk.

Saat kamu pakai Pin Ibu Hamil kamu juga akan dibantu petugas di dalam gerbong untuk mencarikan kursi untukmu, apabila memang keretanya penuh.

Kamu juga tak perlu antre masuk stasiun atau gerbong kereta. Tahu sendiri, saat pandemi begini semua hal serba antre.


Cara mendapatkan Pin Ibu Hamil

Banyak Ibu Hamil yang enggan membuat pin Ibu Hamil karena belum tahu caranya. Padahal, cara mendapatkan pin ibu hamil sangatlah mudah. Petugas di semua stasiun juga sangat kooperatif untuk membantu.

Datangi petugas Passenger Sevice di stasiun kereta besar misalnya Tanah Abang atau Bogor. Tanyakan informasi detail tentang cara mendapatkan pin ibu hamil. Kamu bisa ikuti langkah dibawah ini ya.


Registrasi Pin Ibu Hamil sudah bisa dilakukan, silakan dpt melakukan via online dgn 2 cara:


1. Membuka link: http://bit.ly/30DZ20k melalui Browser

Kamu harus memasukkan data pribadi seperti nama, tanggal lahir, nomor KTP,Nomor KMT ( kartu commuterline ), nomor Telpon,email dan  menyertakn usia kehamilan termasuk bukti USG dari dokter kandungan atau bidan.


2. Scan barcode pada gambar melalui app QR & Barcode Scanner (http://bit.ly/2UBE02k)

Selanjutnya silahkan menunggu konfirmasi email balasan untuk mendapatkan nomor registrasi pengambian PIN atau akan kamu akan dihubungi melalui 021 -29931111. Pastikan alamat email serta nomor telepon yang dilampirkan aktif.



Nantinya kamu akan mendapatkan email balasan 30 menit setelah mendaftar. Kamu juga akan mendapatkan tanggal kapan kamu harus mengambil pin tersebut.


BACA JUGA: Liburan di Ocean Park BSD


Dimana mengambil Pin Ibu Hamil ?

Tidak semua stasiun commuter line melayani pengambilan Pin Ibu Hamil. Hanya stasiun besar seperti Bekasi, Bogor, Juanda, Duri, Sudirman, dan Tanah Abang.

Selanjutnya kamu akan mendapatkan selembar kertas tanda bukti pemberian pin. Bila, pin hilang sertakan kertas bukti dan kamu bisa membut kembali pin baru.


Sampai kapan Pin Ibu Hamil berlaku ?

Masa berlaku pin setelah kamu melahirkan. Dari usia kandungan, petugas akan menanykan perkiraan bulan lahir. Bulan akan ditulis dibagian depan atau belakang pin ibu hamil.

Setelah selesai kamu bisa mengembalikannya ke stasiun tempat kamu membuat, agar bisa digunakan oleh ibu hamil lainnya.

Pin Ibu Hamil merupakan solusi yang diterapkan PT Commuter Line Jabodetabek untuk memastikan penumpang prioritas mendapatkan haknya atas kenyamanan naik kereta api. Buat kamu juga yang bukan prioritas harus kerjasama agar bisa memberikan bangku pada yang memang haknya.

Sekarang sudah tahukan cara mendapatkan Pin Ibu Hamil di commuter line. Semoga bermanfaat ya.


Liebe,
Ibu

Tidak ada komentar

Posting Komentar