Search

Pengalaman Puting Lecet Saat Menyusui


Puting lecet saat menyusui adalah hal yang lumrah dialami. Dilematis banget ya Moms, saat anak harus tetap menyusui tapi kita harus meringis kesakitan karena lecet yang super sakit. 

Menyusui adalah proses yang harus dilalui penuh tantangan untuk sebagian orang termasuk saya. Awal jadi Ibu baru, menyusui adalah proses yang paling sulit saya lalui karena banyak hambatannya. Paling sering adalah puting lecet. Untunglah masih dalam taraf yang ringan jadi saya tak perlu konsultasi ke dokter. 




Sebelum saya cerita panjang lebar tentang apa yang harus dilakukan saat puting lecet, tapi kita bahas dulu Moms apa sih sebabnya puting Moms lecet saat menyusui bayi ?






Penyebab Puting Lecet Saat Menyusui



1. Cara menyusui yang salah

Sebenarnya, saat melahirkan saya sudah konsultasi dengan ahli laktasi tentang menyusui termasuk cara menyusui yang tepat.

Tapi saat praktiknya, ada yang salah aja Moms. Pelekatan yang tidak sempurna saat menyusuilah yang membuat kondisi puting lecet pada Moms paling sering terjadi.

Saran saya, konsultasikan lagi dengan ahlinya untuk memastikan apakah puting lecet disebabkan karena pelekatan yang salah. 


2. Masalah Tali Lidah 

Istilah masalah tali lidah atau tongue-tie adalah kondisi dimana bayi kesulitan menghisap puting saat menyusu, hal inilah yang membuat puting ibu lecet dan sakit saat menyusui. 

Dua masalah diatas inilah yang membuat puting saya lecet saat menyusui. Ada beberapa hal lain yang mungkin jadi penyebab puting lecet saat menyusui. Jadi, sebelum kita tahu apa yang harus dilakukan, kita harus analisa dulu apa penyebab puting lecet. 

Namun tak semua masalah puting lecet akibat suatu hal yang serius Moms, jadi lebih baik konsultasi bila merasa ragu. 

Berdasarkan pengalaman puting lecet yang pernah saya alami, saya pun melakukan sejumlah tips dibawah ini untuk mencegah puting lecet saat menyusui.


Tips agar puting tidak lecet saat menyusui 






1. Pastikan posisi dan pelekatan menyusui sudah sesuai. Hal ini penting untuk memastikan pelekatan sesuai. Bila Moms lagi, bisa konsultasi dengan ahlinya. Banyak kok sekarang konselor ASI yang dibuat oleh Ibu muda seperti kita. 

2. Menyusui rutin setiap 2 - 3 jam sekali. Mementukan rutinitas yang pasti juga cukup penting, sehingga anak terbiasa dengan jadwal menyusui. 

3. Gunakan bra tanpa kawat. Awalnya saya juga tak pernah kepikiran kalau bra ternyata punya andil cukup besar untuk masalah puting lecet yang saya alami. Setelah mengganti bra khusus dan tanpa kawat, rasanya lebih nyaman banget. 

4. Pijat payudara sesuai anjuran. Saya kebetulan punya tukang pijat langganan dari masa hamil. Rumahnya tak jauh dari rumah. Jadi, bila rasanya payudara mulai sakit, saya langsung panggil tukang urut langganan ke rumah. 

Kini mulai banyak kok layanan pijat khusus ibu hamil dan menyususi via online. Pilih yang terpercaya dan punya harga terjangkau. 


Selain melakukan 4 tips diatas untuk pertolongan pertama dan perawatan saat puting lecet saya pakai Mama's Choice Intensive Nipple Cream.  

Sudah pernah dengar Moms tentang produk ini ? Mama's Choice memang selama ini dikenal sebagai brand dengan produk aman ibu hamil dan menyusui. Nah, produk unggulan terbarunya adalah Mama's Choice Intensive Nipple Cream 

Review Mama's Choice Intensive Nipple Cream








keunggulan Produk



● Dibuat dari ekstrak kurma dan minyak kelapa yang aman untuk Mama menyusui

● Bersertifikat food grade sehingga aman jika tertelan bayi

● Praktis, tidak perlu dibilas

● Cocok untuk kulit sensitif

● Hypoallergenic dan teruji secara dermatologis


Kandungan Produk




Lanolin, Butryrospremum Parkii Butter (Shea Butter), Cocos Nucifera ( Coconut ) Oil, Phoenix Dactylifera Fruit ( Date ) Extract,
Tocopherol (Vitamin E )


Mama's Choice Intensive Nipple Cream halal dan bebas dari bahan toksin berbahaya: Paraben, Phthalate, Pewangi buatan, Alkohol.


Mama's Choice Intensive Nipple Cream, satu-satunya krim puting dengan ekstrak kurma yang dapat secara efektif menenangkan, melembutkan dan menghindrasi kulit puting bermasalah baik karena menyusui langsung maupun pumping.



Kemasan  Produk Mama's Choice Intensive Nipple Cream


Di kemasan dalam tube berukuran 15 ml. Tutup diputar yang memudahkan penggunaan produk. 
Dominasi kemasan berwarna putih dan pink. Terlihat feminin banget kan Moms.

Produk berbentuk cream yang mudah menyerap ke kulit. Kebetulan kulit saya masuk kategori sensitive tapi pakai produk ini cocok dan tidak menimbulkan iritasi di kulit.


Cara pakai Mama's Choice Intensive Nipple Cream



Tuangkan Mama's Choice Intensive Nipple Cream pada tangan yang bersih. Oleskan secara merata pada bagian puting yang lecet dan perih, kering atau pecah-pecah hingga meresap setelah menyusui atau ketika diperlukan. Gunakan sejak awal kehamilan untuk langkah preventif. 


Harga Mama's Choice  



Mama's Choice Intensive Nipple Cream dijual dengan  harga Rp 99.000. Lagi ada penawaran neh Moms ada diskon 15 ribu atau 10 % untuk pembelian minimal Rp 150 ribu di shopee Mamas Choice jadi Moms hanya beli seharga Rp 69.000 saja. 

Caranya mudah, Moms cukup belanja di https://shopee.co.id/mamaschoiceid dan masukkan kode MAMAMUTHI saat pembayaran. Mudahkan ! 

Semoga pengalaman puting lecet saat menyusui ini bisa menambah motivasi buat Mom semua, bahwa menyusui adalah proses yang sangat indah jadi segala hambatan dan tantangan harus dinikmati.


Selamat menyusui bebas puting lecet ya ! 


Liebe,

Ibu 





Tidak ada komentar

Posting Komentar