Search

Wisata di Museum Satria Mandala Jakarta


museum satria mandala jakarta

Museum Satria Mandala Jakarta bukan tempat asing buat saya. Kebetulan, Ibu hampir tiap hari berangkat dan pulang kerja lewat depan museum. Sudah lama mau ajak Ale wisata ke Museum Satria Mandala karena dari luar pun terlihat koleksi tank hingga helikopter. Lalu, apa yang menarik dari Museum Satria Mandala ? Yuk ikut, Bang Ale wisata ke Museum Satria Mandala, Jakarta.

Museum Satria Mandala adalah museum perjuangan TNI yang berisikan sejarah berdirinya TNI, peperangan penting dalam sejarah, prajurit TNI yang berjasa bagi bangsa hingga koleksi peralatan perang masa lampau hingga modern. 

Berlokasi di Jalan Gatot Subroto yang menjadi lokasi stategis di jantung kota Jakarta, Museum Satria Mandala terlihat asri karena dulunya tempar ini adalah kediaman  Ratna Sari Dewi Soekarno, istri Mantan Presiden RI  soekarno. 



Ada Apa Saja di Museum Satria Mandala ? 


Memasuki halaman museum kamu akan langsung melihat replika kapal laut, pesawat hingga tank yang digunakan di masa perjuangan. Masuk mobil langsung bayar uang parkir Rp 10.000 sementara untuk sepeda motor Rp 5.000. Pilih parkiran di bagian depan karena bila parkir dibelakang agak jauh jalannya.

wisata museum satria mandala jakarta
Bagian depan Museum Satria Mandala 


Sebagian parkiran belakang juga biasanya penuh karena selain museum, tempat ini ada 2 restoran untuk umum dan ada kegiatan TNI di gedung bagian belakang museum.

Sebelum masuk museum, sempatkan dulu keliling bagian depan, samping dan belakang museum. Paling bagus menurut saya, bagian sayap kanan dari museum yang memuat koleksi helikopter dan pesawat masa lampau. 

Tak perlu bingung bila tak ada tur guide karena keterangan tentang apa yang kamu lihat terpampang jelas di bagian depan benda yang kamu lihat.

Koleksinya lumayan lengkap dan sebagian memang sudah dimakan usia. Jadi, saat ada tanda tak boleh dinaiki dan dibuka, hormatilah sebagai bagian dari pemeliharaan benda sejarah. 

Biasanya, saat kamu datang dalam jumlah rombongan yang banyak akan disediakan pemandu wisata khusus yang bisa menjelaskan. Anak sekolah biasanya menggunakan jasa pemandu wisata yaitu staf TNI yang disediakan oleh pihak museum. 



museum satria mandala jakarta
Koleksi Museum Satria Mandala


Setelah puas berkeliling, masuklah ke dalam Museum Satria Mandala. Museum terdiri dari 2 lantai dengan luas bangunan yang sebenarnya tidaklah terlalu luas. Di lantai dasar ada fasilitas toilet di bagian dalam museum. 

Saat memasuki lantai 1 kamu akan disambut dengan diorama perang penting dan peran penting TNI dalam kejayaan bangsa Indonesia. Sejumlah Jendral penting TNI mulai dari Jendral Soedirman hingga Jendral Soeharto memiliki ruang tersendiri lengkap dengan sejarah dan berbagai tanda jasa yang pernah didapat.

Bila merasa kurang jelas, kamu cukup tekan audio visual yang ada. Lebih mudah dan jelas kan di era digital kini semua serba lebih mudah. 

Turun ke lantai 2, kamu akan menuju ke ruang senjata. Ruang Senjata meliputi koleksi senjata api ranjau, rudal hingga torpode yang digunakan di saat perang kemerdekaan hingga saat ini.  

Saat puas dengan koleksi senjata yang ada, kamu akan diarahkan ke pintu keluar yang mengarah pada Shabu Hachi yang ada di dalam kompleks Museum Satria Mandala.

Asikkan, setelah puas keliling bisa makan shabu-shabu hehehe. 


Museum Satria Mandala Angker ? 



Instagramnya Bang Ale penuh dengan pertanyaan yang penasaran banget "kok berani sih, kan angker ?".

Saya dan Bang Ale datang ke Museum Satria Mandala  hari jumat. Kami datang sekitar pukul 11.00 siang, jadi saya dan Ale nunggu Ayah sholat Jumat dulu baru memulai masuk ke museum.

Diorama di Museum Satria Mandala



Kami hanya bertiga masuk ke dalam museum. Kesan saya sih, museum sangat bersih dengan AC suhu terjaga dan cukup dingin. Memang di beberapa areal terasa aura ngak enak, namanya juga museum dimanapun kan terasa begitu.

Sampailah saya tiba-tiba mau pipis, menuju ruang senjata di lantai 2 ada toilet. Bagian perempuan di bagian ujung dengan dua lapis sekat pintu. Saya kok tiba-tiba feeling ngak enak. Seperti ada yang ngeliatin.  Akhirnya saya terpaksa pakai toilet pria aja. Mungkin saya aja yang pengecut. Mungkin perasaan saya aja. 

Angker apa tidak, saya juga kurang paham ya. Coba deg kamu uji nyali sendiri datang di malam hari hehehhe. 


Fasilitas di Museum Satria Mandala 



Menurut saya fasilitas di Museum Satria Mandala cukup lengkap. Parkirannya luas. Ada Masjid, ada warung kecil di bagian samping, ada restoran dan cafe.  Toilet ada di bagian dalam museum dan bagian luar. 


Harga Tiket Masuk Museum Satria Mandala


Harga tiket masuk untuk orang dewasa Rp 4.000/orang sementara untuk anak Rp 2.500 cukup terjangkau kan. 


Hari dan Jam Operasional Museum Satria Mandala


Museum Satria Mandala tutup setiap hari Senin. Buka Selasa - Minggu mulai pukul 10.00 - 14.30 WIB

Paling enak memang datang pas sepi, apalagi kalau mau banyak foto.  Pilih hari Jumat atau weekend. Hari kerja biasanya banyak anak sekolah yang datang dengan bus besar. Seneng sih kalau ramai, tapi kalau sampai kayak di pasar ngak asik juga. 



Tips Berkunjung ke Museum Satria Mandala 



Ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan untuk menjami kenyamanan saat wisata ke museum terutama saat membawa anak. 

Anak saya berusia 5 tahun, sejak awal saya memang ingin menularkan kecintaan saya pada museum. Selain wisata kita juga bisa mengenalkan anak pada museum dan isinya. Bukan sekedar foto dan wisata tapi kalau bisa Anak mendapatkan pengetahuan baru.

Berikut adalah tips ala saya sebelum kamu datang ke Museum Satria Mandala. 


1. Ceritakan pada anak apa yang akan dilihat di museum, ada apa saja dimuseum. Ibu dan Ayah, bisa menggunakan kanal youtube untuk memastikan anak tahu dan merasa excited sebelum memulai petualangan di museum.

2. Museum Satria Mandala terletak di jantung kota Jakarta dengan rute jalan pusat kemacetan. Pastikan kamu menghitung jarak tempuh dan rute yang akan dilewati agar tak terlalu lama terjebak macet. 

3. Gunakan topi karena sebagian koleksi museum berada di luar ruangan. 

4. Pastikan anak mematuhi aturan dalam museum. Misalnya tidak berteriak, tidak menyentuh benda koleksi museum dan tiap lari-larian di dalam museum. 


Anak saya super happy setelah melewatkan hari di Museum Satria Mandala, Jakarta. Puas banget rasanya bisa menjelajah waktu dalam diorama yang ada, melihat langsung koleksi senjata yang selama ini hanya dibaca di buku. Senengnya lagi harga tiket masuknya sangat terjangkau. 


Pastikan Museum Satria Mandala ada dalam list wisata anak di Jakarta. Tak perlu jauh - jauh kok, banyak museum di Jakarta yang ramah anak. Sampai jumpah di wisata museum selanjutnya ya.


Liebe,


Ibu

7 komentar

  1. Aku paling sebel kalo nemu toilet wanita di ujung ruangan, pake double pintu pulaaa :D. Sering deh Nemu yg begitu, terutama di gedung2 kantor -_- . Seraaaam lgs bawaan.

    Biasanya aku bakal ajak temen sih kalo udh dpt toilet yg begitu :D.

    Aku blm prnh ajak anakku ksini. Mereka tuh suka Ama museum juga mba, walopun LBH seneng Ama museum yg punya kisah tragis ato horor :p. Tp kalo isinya pesawat dan peralatan tempur, anakku yg bungsu pasti seneng banget :D. Kapan2 aku ajak ah kesini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajakin anak ke sini deh mbak fan, lumayan ngak jauh juga dari rumah heheeheh

      Hapus
  2. wah belum nih, aku suka sekali sejak anak2 kecil bawa ke museum dan sampai skrg aku selalu suak ke museum

    BalasHapus
    Balasan
    1. wisata museum memang selalu menyenangkan ya mbak

      Hapus
  3. tertarik nih pingin lihat alat tepurnya, suasana musiumnya emang nampak sunyi sepi ya mba hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak kebetulan pas saya datang lagi sepi

      Hapus
  4. anak-anak pasti senang diajak lihat pesawat ya mbak ...

    BalasHapus