Family Blog of The Pakpahan

Tips Membuat Meal Planning Untuk Ibu Bekerja


Mengatur menu makanan untuk ibu bekerja penting dilakukan, selain menghemat waktu pasti varian makanan tak membuat bosan dan menghemat uang karena kita bisa menyesuaikan budget dengan menu makanan yang akan kita sajikan untuk keluarga.


Meal Planning untuk Ibu bekerja / pixabay



Kegiatan Ibu setiap akhir pekan adalah mengatur menu masakan selama seminggu untuk keluarga. Ale kurang suka makan sayur, jadi ibu harus muter otak gimana cara agar anak kesayangan tetap sehat dengan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang. 



Persiapan Mengatur Menu makanan untuk Ibu bekerja


Buku Resep andalan buat meal planning 



1. Buku Masakan


Memiliki buku resep masakan sangat penting buat saya yang sebenarnya ngak pinter masak. Istilahnya masakpun karena terpaksa hhhha, maunya dimasakin atau beli. Tapi Pak Suami tidak bisa masak, kami pun tak punya ART so menjadi kewajiban saya untuk mau belajar dan bisa memasak. 

Biasanya buku resep masakan saya  ambil dari bursa buku murah, tak harus mahal malah lebih enak yang tipis jadi bisa digantung atau ditempel. 


2. Aplikasi Masakan


Selain punya buku resep masakan, saya juga rajim browsing di aplikasi khusus memasak salah satunya Cookpad. Menurut saya aplikasi asal Jepang ini membantu banget, pengguna juga orang yang biasanya mulai belajar masak hampir sama lah dengan saya.


BACA JUGA 



3. Alat Masak


Siapkan alat masak terutama untuk menyimpan bahan masakan di dalam kulkas. Sediakan protein ( daging, ikan, cumi, dll ) untuk satu atau dua minggu. Sementara untuk sayuran saya biasanya sediakan untuk maksimal tiga hari saja. 

Protein cuci bersih kemudian masukkan ke freezer. Sementara untuk sayuran dipotong tanpa dicuci kemudian masukkan ke dalam kulkas bagian bawah.

Kapan Harus menyiapkan Menu Masakan


Menu buat seminggu 

Stok makanan buat seminggu


1. Saat libur bekerja 


Waktu paling pas membuat jadwal menu masakan adalah saat libur bekerja. Biasanya akhir pekan sengaja saya gunakan untuk satu jam membuat menu plan untuk satu minggu. 

2. Siapkan di malam hari


Namanya juga manusia kadang apa yang direncanakan tak terpenuhi, kelemahan saya tuh masih suka bangun siang. Padahal saya masuknya Morning Person banget, bangun pagi hari akan membuat hari saya lebih produktif.


BACA JUGA:



Akibat kerap kali kesiangan bangun, saya menyiapkan masakan di malam hari sebelum tidur. Bagian yang ribet dikerjakan di malam hari, besoknya saat bangun pagi tinggal eksekusi. 

Cara ini menurut saya efektif banget untuk menghemat waktu, masak jadi cepat dan bisa ada banyak waktu sisa untuk sekedar baca koran sambil minum kopi.

Nah, kalau Moms sudah pernahkah membuat menu planning terutama untuk Moms yang bekerja?? Menu Planning penting banget dilakukan ibu bekerja agak urusan 'perut' keluarga terpenuhi tapi masuk kantor pun selalu tepat waktu. 


Liebe,
Ibu


CERITA BANG ALE 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar