Cerita Bang Ale

Family Blog of The Pakpahan

Oktober 13, 2018

Saat Ale Main ke Kantor Ibu

by , in



Ale di Meja Kerja Ibu

Naik Commuter line ke kantor Ibu

Commuter Line sepi di akhir pekan


Sebenarnya, saat usia satu tahun Ale pernah mampir ke kantor Ibu. Saat itu Ale sedang masa aktif banget. Setelah melihat perangai Ale, Ibu berjanji tak kan lagi membawa Ale ke kantor meskipun akhir pekan saat kondisi kantor agak sedikit sepi.


Ibu kebetulan kerja di kantor berita yang studio untuk siaran langsungnya disatukan dengan tempat kerja. Nah, saat Ale datang ada siaran langsung pertandingan tinju. Ngak lucu kan, kalau ada suara anak kecil teriak saat siaran langsung tinju. Ibu sudah wanti-wanti Ale untuk tenang, dia tidak teriak sih. Tapi rasa ingin tahunya sangat tinggi, jadi semua hal di pegang, dibuka, diputer wahhh..Ibu malah jadi ngak bisa kerja deh.


Waktu berlalu, kini Ale sudah usia 4 tahun. Tingkat aktifnya sih masih, tapi rasanya tidak separah dulu. Akhirnya Ibu mau bawa Ale lagi ke kantor ibu pas akhir pekan. Ale dan Ibu naik kereta ke kantor, lumayan sepi kan kalau akhir pekan jadi naik kereta juga jadi menyenangkan. Padahal sih, kami harus naik turun kereta tiga kali. 

Alhamdulillah, sampai kantor Ibu si Ale anteng banget. Tidak grasak-grusuk seperti dulu. Duh..Ibu happy, sekarang Ale memang sudah besar, sudah paham kalau dikasih tahu. Setelah sukses ke kantor Ibu tanpa ' Drama' kini setiap pagi Bang Ale maunya ngantor bareng Ibu hehehhe. 


Liebe,
Ibu
Agustus 28, 2018

Tips Membuat Meal Planning Untuk Ibu Bekerja

by , in

Mengatur menu makanan untuk ibu bekerja penting dilakukan, selain menghemat waktu pasti varian makanan tak membuat bosan dan menghemat uang karena kita bisa menyesuaikan budget dengan menu makanan yang akan kita sajikan untuk keluarga.


Meal Planning untuk Ibu bekerja / pixabay



Kegiatan Ibu setiap akhir pekan adalah mengatur menu masakan selama seminggu untuk keluarga. Ale kurang suka makan sayur, jadi ibu harus muter otak gimana cara agar anak kesayangan tetap sehat dengan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang. 



Persiapan Mengatur Menu makanan untuk Ibu bekerja


Buku Resep andalan buat meal planning 



1. Buku Masakan


Memiliki buku resep masakan sangat penting buat saya yang sebenarnya ngak pinter masak. Istilahnya masakpun karena terpaksa hhhha, maunya dimasakin atau beli. Tapi Pak Suami tidak bisa masak, kami pun tak punya ART so menjadi kewajiban saya untuk mau belajar dan bisa memasak. 

Biasanya buku resep masakan saya  ambil dari bursa buku murah, tak harus mahal malah lebih enak yang tipis jadi bisa digantung atau ditempel. 


2. Aplikasi Masakan


Selain punya buku resep masakan, saya juga rajim browsing di aplikasi khusus memasak salah satunya Cookpad. Menurut saya aplikasi asal Jepang ini membantu banget, pengguna juga orang yang biasanya mulai belajar masak hampir sama lah dengan saya.


BACA JUGA 



3. Alat Masak


Siapkan alat masak terutama untuk menyimpan bahan masakan di dalam kulkas. Sediakan protein ( daging, ikan, cumi, dll ) untuk satu atau dua minggu. Sementara untuk sayuran saya biasanya sediakan untuk maksimal tiga hari saja. 

Protein cuci bersih kemudian masukkan ke freezer. Sementara untuk sayuran dipotong tanpa dicuci kemudian masukkan ke dalam kulkas bagian bawah.

Kapan Harus menyiapkan Menu Masakan


Menu buat seminggu 

Stok makanan buat seminggu


1. Saat libur bekerja 


Waktu paling pas membuat jadwal menu masakan adalah saat libur bekerja. Biasanya akhir pekan sengaja saya gunakan untuk satu jam membuat menu plan untuk satu minggu. 

2. Siapkan di malam hari


Namanya juga manusia kadang apa yang direncanakan tak terpenuhi, kelemahan saya tuh masih suka bangun siang. Padahal saya masuknya Morning Person banget, bangun pagi hari akan membuat hari saya lebih produktif.


BACA JUGA:



Akibat kerap kali kesiangan bangun, saya menyiapkan masakan di malam hari sebelum tidur. Bagian yang ribet dikerjakan di malam hari, besoknya saat bangun pagi tinggal eksekusi. 

Cara ini menurut saya efektif banget untuk menghemat waktu, masak jadi cepat dan bisa ada banyak waktu sisa untuk sekedar baca koran sambil minum kopi.

Nah, kalau Moms sudah pernahkah membuat menu planning terutama untuk Moms yang bekerja?? Menu Planning penting banget dilakukan ibu bekerja agak urusan 'perut' keluarga terpenuhi tapi masuk kantor pun selalu tepat waktu. 


Liebe,
Ibu


CERITA BANG ALE 




Agustus 09, 2018

Selamat 4 Tahun Ale!

by , in
Ale berusia 4 tahun di bulan Agustus ini. Banyak yang berubah dari tumbuh kembang Ale, sejauh ini dia menjadi pribadi yang lebih baik dan tumbuh sesuai usinya.

Ulang tahun Ale ke 4


Jadi, saat ulang tahunnya Ibu sengaja pesan kue ulang tahun yang dihias sesuai kesukaan anak. Tadinya mau kue Thomas si kereta, tapi pas ditanya Bang Ale maunya kue eskavator aja katanya. Bimsalabim, hadirlah kue eskavator.

Ternyata kue seperti ini agak mahal ya hampir Rp 600.000 untuk ukuran 18cm hehhehehe.Tapi, Ale seneng banget terutama makan batu hhhha.


Ibu dan Ayah berharap Ale tetap jadi anak baik dan sehat terus! Amin. Akhir pekan ini ada pengajin untuk merayakan ultah Ale di rumah, doain lancar ya. 

Liebe,
Turis Cantik



CERITA BANG ALE 



Juni 12, 2018

Bersih-bersih Rumah Jelang Lebaran

by , in





Buat keluarga kecil kami, bersih-bersih rumah jelang lebaran sudah menjadi tradisi. Tahun ini, Ayah dan Ibu memutuskan untuk cat ulang dinding rumah. Sebagian dinding memang sudah habis dengan 'hasil prakarya' Bang Ale, jadi Lebaran tahun ini seperti waktu yang tepat untuk cat ulang rumah.

Selain memanggil tukang untuk cat rumah, Ayah, Ibu dan Ale juga berjibaku membersihkn rumah kami. Paling heboh tentu saja Bang Ale yang bawa kain pel kemana-mana.





Biar ngak ribet, Ibu menugaskan Bang Ale membersihkan kaca jendela. Wah, Bang Ale seneng banget deh, semprot cairan pembersih kaca kemudian lap dengan kain atau kertas koran. Capek sih, kan Ibu dn ayah berpuasa saat bersihin rumah. Tapi ternyata segala sesuatu yang dijalankan dengan senang hati tuh, ngak bikin capek loh. Tak terasa Adzan magrib pun tiba. 

Nah, kalau keluarga moms gimana? . Adakah kegiatan bersih-bersih rumah jelang Lebaran? Ajak anak deh pasti lebih seru.


Salam, 
Ibu 


CERITA BANG ALE 


Mei 05, 2018

Jagung Bakar Enak dengan Selai Skippy

by , in



JAGUNG BAKAR DENGAN SELAI SKIPPY -  Jagung bakar enak buat saya yang rasanya pedas sekaligus manis. Rasanya mulut tak berhenti mengunyah kalau jagung bakar sudah dioles selai Skippy yang bikin rasa jagung bakar makin enak. 

Selai Skippy bukan sekedar membuat jagung bakar enak tapi juga membuat proses karamelisasi saat pembakaran sempurna dengan bagian terbakar di jagung yang bikin makan tambah lahap. 

Resep jagung bakar enak dengan selai skippy akan saya kasih tahu dalam posting kali ini.